Tips Menekan Tagihan Air di Rumah agar Lebih Murah

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

 


Menghemat air seringkali disepelekan. Padahal dampaknya cukup besar. Bukan hanya pada pengeluaran tapi juga pada kondisi tanah. 

Rata-rata orang mengonsumsi 144 liter air per hari. Besaran biaya yang dikeluarkan pun berbeda-beda. Namun, setidaknya kamu bisa membayar biaya air sebesar Rp50.000 hingga Rp300.000, tergantung pemakaian.

Jika kamu hemat air, otomatis biaya air yang dikeluarkan setiap bulan juga akan berkurang. Kamu juga membantu menjaga bumi dari krisis air. Lalu, bagaimana cara hemat air?


1. Pangkas waktu mandi

Kegiatan mandi cukup menguras air. Apalagi kalau kamu melakukan banyak ritual selama mandi seperti pakai sabun, sampo, hingga conditioner. Usahakan untuk nggak berlama-lama di kamar mandi dalam keadaan shower atau air keran menyala. Pakai seperlunya saja.


2. Matikan keran saat gosok gigi

Biasanya kita akan membiarkan keran tetap menyala ketika gosok gigi. Saat itu kita akan membuang beberapa liter air. Hentikan kebiasaan tersebut. Gunakan gelas saat mengambil air untuk berkumur dan membasuh sikat gigi.


3. Batasi penyiraman

Ketika udara sedang panas, salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah menyiram halaman atau jalan depan rumah dengan air agar terasa lebih sejuk. 

Belum lagi kegiatan menyiram tanaman yang berlebihan. Sebaiknya jangan gunakan selang saat melakukan penyiraman.

Baca juga :

Pakai gembor untuk membatasi penggunaan air. Jika kamu mau menyiram halaman atau jalan depan rumah supaya sejuk. Gunakan air bekas pakai yang kira-kira masih cukup bersih seperti air bekas cuci sayuran.


4. Periksa pipa atau saluran air secara berkala

Setiap sebulan sekali lakukan pemeriksaan pipa untuk menghindari kebocoran yang nggak kita ketahui. Bisa saja tanpa disadari ada pipa atau saluran yang bocor, sehingga air tetap keluar begitu saja padahal nggak kita gunakan.


5. Menampung air hujan

Taruh bak atau ember di halaman rumah untuk menampung air hujan. Gunakan air tersebut untuk keperluan menyiram tanaman, mencuci motor atau mobil, dan lain sebagainya.


6. Pilih alat rumah tangga yang hemat air

Biasanya alat rumah tangga yang mempunyai fitur hemat air adalah mesin cuci. Makanya, pilih mesin cuci yang punya teknologi tersebut. Supaya kamu nggak buang-buang air.


7. Manfaatkan limbah air AC

Tampung air AC dan jangan dibuang. Karena air buangan dari AC cukup bersih untuk menyiram tanaman, mencuci peralatan rumah, mengisi air radiator mobil, atau membersihkan toilet atau halaman rumah.

Punya ketersediaan air atau uang yang cukup bukan berarti kamu bisa menggunakan air seenaknya. Masih banyak orang di belahan dunia lain yang kekurangan air. Yuk, bijak gunakan air!

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.