Tips Melindungi Data Pribadi agar Terhindar dari Kejahatan Siber

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Salah satu tantangan pengguna platform digital adalah melakukan perlindungan data diri. Pastinya kamu suka berbagi dan berinteraksi di media sosial.

Namun, tanpa disadari kamu juga sering membagikan data pribadi seperti tanggal lahir, alamat rumah, nomor telepon dan lain sebagainya. Padahal data tersebut rentan disalahgunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


Selain itu, lemahnya perlindungan data di Indonesia juga mengakibatkan maraknya kebocoran data. Terbukti dengan sering terjadinya kasus kejahatan siber, seperti hacking (peretasan) maupun cracking (pembajakan) media sosial yang berujung pada pembobolan data pribadi, pemerasan hingga penipuan online. 

Hal tersebut menunjukkan bahwa data diri dan keamanan informasi digital merupakan hal yang sangat penting.


Supaya kamu terhindar dari kejahatan siber, ada beberapa hal yang bisa lakukan untuk menjaga dan melindungi data pribadi yaitu :

Jaga Informasi identitas diri (KTP)

Pernah diminta atau berfoto dengan KTP ? Atau mengunggah di media sosial? jangan sembarangan menyebarkan identitas diri, ya.

Identitas kamu disalahgunakan sama pihak yang gak bertanggung jawab. Kalau tidak ada kepentingan, sebaiknya jangan pernah berikan identitas sembarangan ya!


Buat password, pin atau pola gestur keamanan yang sulit ditebak

Pastikan juga password dan gestur akun penting yang berhubungan dengan keuangan berbeda dengan yang digunakan untuk akun digital milik kamu lainnya.

Gunakan kombinasi huruf besar kapital, huruf kecil, angka, dan karakter khusus untuk password. Gak cuma itu, ubah password serta gestur secara berkala ya!


Jangan meminjamkan perangkat handphone

Sering bertukar pinjam handphone dengan teman? Coba pertimbangkan untuk saling pinjam handphone dengan pasangan atau teman.

Baca juga :

3 Tips meminimalkan kerugian saat berinvestasi

Metode menanggulangi Laju Inflasi Agar Keuangan Tetap Terkendali


Mereka bisa gunakan perangkat kamu untuk bertransaksi online, atau menggunakan untuk mendaftarkan identitas kamu ke akun-akun seperti pinjaman online dan sebagainya.

Jika terjadi apa-apa, pasti kamu yang akan dihubungi karena identitas yang tercantum di akun tersebut adalah identitas kamu.


Hindari menyimpan informasi pribadi maupun rekening di e-commerce yang tidak aman

Menyimpan informasi rekening bank di situs e-commerce pastinya memudahkan setiap kali bertransaksi. Walaupun begitu, risiko data breach selalu ada dan bisa menyerang situs apa pun. 


Waspada saat menggunakan Wi-Fi publik

Banyak spot-spot di tempat umum yang menyediakan Wi-Fi gratis, namun tidak pernah ada yang tahu pasti bagaimana sistem keamanan pada jaringan Wi-Fi tersebut.

Karena itu, aktivitas yang bersifat pribadi atau berkaitan dengan data sensitif seperti mengakses aplikasi perbankan atau hal lainnya yang bersifat rahasia sebaiknya gak dilakukan menggunakan Wifi publik.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.