Logo Resmi HUT RI Ke-78, Ini Tema dan Maknanya

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Jelang memasuki Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2023 mendatang, Kementerian Sekretariat Negara telah meluncurkan logo yang akan digunakan dalam peringatan kemerdekaan Indonesia ke-78.

Dalam HUT RI ke-78, logo yang digunakan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni angka tujuh dengan lima garis melengkung membentuk angka delapan.

Logo ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan. Bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.


Tema

HUT RI ke-78 mengusung tema besar "Terus Melaju untu Indonesia Maju". Terdapat makna filosofis dibalik tema tersebut, yakni mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Selain itu, tema ini menyimbolkan layaknya olahraga estafet yang merefleksikan semangat kolektif, ber harmoni, berkolaborasi, serta sinkronisasi irama gerak, dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan agar laju momentum ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju.


Makna

Terdapat beberapa makna dari logo HUT RI ke-78. Berikut rinciannya dilansir dari akun Instagram @indonesiabaik.id, Rabu, 14 Juni 2023.


Garis padat horizontal-Tongkat Estafet (Teruskan)

Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju.

Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa

Angka 7 berbentuk arah panah ke atas (Gerak Maju)

Bermakna bergerak maju dengan laju progresif menuju Indonesia Maju

Terbentuk dari 5 garis melengkung (Pancasila)

5 garis melambangkan lima sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju

Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis (Tanggung Jawab Bersama)

Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam

Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika)

Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus

Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil, makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju

Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8

merepresentasikan pola pikir global (Globalisasi)

Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Demikian tema dan makna dari logo HUT RI ke-78 dalam peringatan 17 Agustus 2023 mendatang. 

Dapatkan logo resminya di sini, Semoga bermanfaat!


Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.